02 September 2020 OLEH ADMIN

27 Aug 2020 : Hioki Meluncurkan Earth Tester FT6031-50 – Dilengkapi Fungsi Wireless yang Meningkatkan Efektivitas Kerja

02 September 2020 – Indonesia
Hioki Indonesia memperkenalkan Hioki  Earth Tester FT6031-50.

Opsi perangkat tambahan Wireless Adapter Z3210 dapat dihubungkan ke alat untuk mengaktifkan wireless Bluetooth® dengan smartphone dan tablet. GENNECT Cross, aplikasi gratis dari Hioki, dapat digunakan untuk mengirimkan data pengukuran ke smartphone dan tablet serta memudahkan pembuatan laporan yang disertai foto dan gambar di lapangan. Earth tester dengan model terbaru ini dilengkapi dengan kinerja tahan debu (dustproof) dan fungsi pengukuran otomatis sekali sentuh (one-touch), juga dengan penambahan fungsi wireless yang meningkatkan efisiensi kerja.

■ Pengukuran Grounding Resistance
Grounding, yang umumnya mengacu pada sambungan perangkat listrik ke tanah, sangat penting sebagai metode untuk mencegah sengatan listrik bila peralatan listrik tidak berfungsi atau memburuk seiring waktu.

Grounding dilakuan dengan menggerakan elektroda ke tanah, dan hambatan antara elektroda dan tanah dikenal sebagai grounding resistance. Untuk alasan keamanan, grounding resistance tidak boleh melebihi standar nilai tertentu, sehingga perlu dilakukan pengukuran grounding resistance untuk memverifikasi keamanan instalasi grounding.

■ Latar Belakang
Dulu, teknisi harus mencatat data yang diukur di lapangan di atas kertas dan membuat laporan setelahnya. Alur kerja ini meningkatkan kemungkinan terjadinya kesalahan saat menuliskan data di atas kertas atau memasukkannya ke dalam komputer.

Selain itu, kebutuhan untuk mentransfer data ke komputer dan kembali ke kantor untuk membuat laporan menjadi beban yang signifikan bagi pekerja.
Hioki mengembangkan  FT6031-50 dengan wireless, sehingga operator dapat mentransfer data pengukuran langsung ke smartphone dan membuat laporan di tempat.

■ FITUR UTAMA
1. Fungsi Baru: Fungsi Wireless yang Meningkatkan Efisiensi Kerja
Saat terhubung ke perangkat tambahan Wireless Adapter Z3210, Hioki FT6031-50 dapat dipasangkan secara wireless dengan tablet atau smartphone menggunakan Bluetooth®. Kemampuan untuk mengirim data pengukuran ke perangkat seluler tersebut dapat mengurangi kesalahan saat menuliskan nilai serta waktu dan masalah saat mentransfer data ke komputer.

Selain itu, operator dapat dengan mudah membuat laporan yang menggabungkan foto yang diambil di lokasi dan gambar desain yang diimpor ke dalam aplikasi dengan data pengukuran secara langsung di lapangan. Kemampuan untuk membuat laporan dengan cepat tanpa kembali ke kantor menjadi peningkatan efisiensi kerja yang signifikan.

https://www.hioki.com.sg/wp-content/uploads/2020/08/gennect.png

2. Performa tahan debu (dustproof) dan kedap air (waterproof) memudahkan instrumen dapat dicuci (International Protection Code IP67)
Earth testers ditempatkan di tanah di luar ruangan selama penggunaan. FT6031-50 memberikan kinerja tahan debu (dustproof) yang sangat baik. Hal ini membuat instrumen dapat bekerja di  lingkungan berpasir dan kinerja kedap air (waterproof). Sehingga, kotoran dapat dengan mudah dibersihkan. Desainnya yang kokoh dan berorientasi lapangan membuat operator dapat fokus pada pengukuran daripada mengkhawatirkan lumpur dan air. Hioki FT6031-50 menawarkan proteksi yang sama dengan tipe earth tester sebelumnya, FT6031-03.
Hioki FT6031-50 dirancang sesuai dengan standar IP67 yang mengklasifikasikan tingkat perlindungan yang diberikannya dari partikel padat dan air seperti yang ditentukan oleh International Electrotechnical Commission (IEC).

※1 Solid particle protection: Level 6 (level tertinggi), menunjukkan bahwa tidak ada masuknya debu※2 Liquid ingress protection: Level 7 (level kedua teretinggi), menunjukkan bahwa tidak ada masuknya air saat instrumen direndam dalam air dalam kondisi tekanan dan waktu yang ditentukan

https://www.hioki.com.sg/wp-content/uploads/2020/08/FT6031.png

3. Pengukuran otomatis sekali sentuh (one-touch) untuk pengoperasian yang lebih efisien

Pengujian menggunakan earth tester membutuhkan 3 langkah : (1) memeriksa potensial tanah (ground), (2) pemeriksaan pada grounding electrode, dan (3) pengukuran pada grounding resistance. Hioki earth tester meningkatkan efisiensi pengukuran dengan melakukan tiga operasi ini secara otomatis dengan satu sentuhan tombol. Hioki FT6031-50 menawarkan proteksi yang sama dengan tipe earth tester sebelumnya, FT6031-03.

■ PRINCIPAL APPLICATIONS

• Pengujian akhir konstruksi dan inspeksi peralatan listrik secara berkala

*The Bluetooth® word mark and logos are registered trademarks owned by Bluetooth SIG, Inc. and any use of such marks by HIOKI E.E. CORPORATION is under license.

FT6031-50 telah resmi rilis di Indonesia.  Z3210 dijual terpisah. 

Download Earth Tester FT6031-50 Catalog

Download Wireless Adapter Z3210 Catalog

https://www.hioki.com.sg/wp-content/uploads/2020/08/FT6031-50-01.png